TIPS LIBURAN HEMAT BUDGET, COCOK UNTUK MAHASISWA

6:04 AM


Liburan adalah hal-hal yang ditunggu bagi sebagian orang, bahkan banyak orang-orang yang merencanakan liburanmulai dari jauh-jauh hari. Tapi, buat yang punya kerja sih enak ya, bisa punya penghasilan. Eits, mahasiswa juga bisa liburan loh! Asal ada niat menabung untuk liburan. Nah dengan budget mahasiswa yang tidak banyak ini pastinya harus punya tips biar liburannya hemat dong. Iyakan?


Source : Pinterest
Jangan sampai, alih-alih ingin liburan eh ternyata malah gak hemat dan uang jajan habis. Bahaya dong nanti malah bisa-bisa makan mie doang di kostan. Oke, buat kamu mahasiswa yang ingin liburan jangan khawatir berikut tips yang bisa kamu coba jalan-jalan tetapi hemat budget.

Tentukan Destinasi Sesuai Budget

Pertama-tama, kamu harus menentukan destinasi perjalanan liburan kamu. Mau kemana dan kapan? Apalagi kalau liburannya harus menggunakan pesawat maka kamu harus pintar mencari waktu pada saat tiket sedang diskon. Nah, setelah menentukan destinasi, maka kamu bakal tau berapa sih budget yang harus dikeluarkan untuk liburan nanti.

Kalau mau hemat sih liburan itu gak perlu jauh, dekat-dekat aja dulu. Yakin deh destinasi di dekat-dekat tempat tinggal kamu pasti banyak yang menarik. Ayo mulai eksplor lagi wisata yang ada di tempat tinggalmu. Lumayankan? Liburan tetap menjadi menyenangkan dan asyik dan tentunya jadi hemat.

Buat Perencanaan Anggaran Biaya

Nah, setelah merencanakan mau pergi kemana saatnya kamu membuat perencanaan anggaran biaya. Perencanaan anggaran biaya ini penting sih, biar gak khilaf mengeluarkan budgetnya. Jadi dari perencanaan itu kamu udah tau gambaran budget yang diperlukan seberapa banyak sih?
Nah, pada saat membuat perencanaan anggaran biaya kamu juga bisa melihat dimana saja anggaran yang bisa dikurangi. Lumayan bangetkan kalau bisa mengurangi dari biaya anggaran. Hemat!

Rajin Cari Promo Diskon

Nah, kalau untuk tips yang satu ini cocok banget buat kamu yang ingin bepergian jauh. Misal harus menggunakan pesawat atau kereta api. Biasanya ada tuh hari-haritertentu kamu bisa mendapatkan diskon. Apalagi kalau diskonnya sampai 50%, tuh pasti lumayan banget buat hemat budget. Makanya penting banget untuk menyiapkan rencana destinasi. Salah satunya kalau kamu udah tau mau kapan liburan bisa tuh pesan tiket jauh-jauh hari.

Cari Penginapan Low Budget

Kalau kamu mau liburan tapi hemat budget ingat ya jangan sekali-kali cari yang mahal mulai dari tiket sampai dengan penginapan. Kalau bisa sih cari penginapan itu gak perlu menginap di hotel loh, cari tuh biasanya banyak kok penginapan yang murah dan tetap nyaman buat tidur. Toh yang penting besok paginya kamu segar dan siap bangun unntuk jalan-jalan lagi ke destinasi berikutnya.

Jangan Beli Oleh Yang Banyak

Biasanya yang bikin budget liburan itu tambah bengkak adalah beli oleh-oleh. Kelihatannya sih beli oleh-olehnya kecil-kecil aja tapi ya kalau banyak yang dibeli tetap aja pengeluarannya jadi banyak. Jadi, belilah oleh-oleh seperlunya saja ya biar liburannya gak mengeluarkan budget yang banyak. Nah, apalagi kalau liburan itu yang penting menikmati momennya ya.

Itulah beberapa tips liburan hemat budget yang cocok banget buat mahasiswa. Yuk yang mau liburan coba terapkan tips ini.

You Might Also Like

3 comments

  1. Dari masih jaman kuliah cita-cita pengin traveling karena sering liat my trip my adventure. Tapi gak kesampaian. Sampai pada saat udah kerja pun gak pernah kesampaian. Duit ada tapi waktu yang gak ada. Jadi tidak hanya butuh duit untuk pergi liburan tapi juga butuh waktu hehehe... salam hangat

    ReplyDelete

About Me

Like us on Facebook

Popular Posts